Wednesday, December 14, 2011

Biar hujan lebat..cerita Minggu ke 26



Bersyukur tak terhingga bila semalam dalam hujan ribut suami tersayang dan anak bersama2 menemani ke klinik untuk pemeriksaan kandungan minggu ke 26...dan perasaan lega sesangat bila doktor mengesahkan uri yg menutup pintu rahim dan kedudukan bayi yg melintang kini telah berubah ke keadaan normal.

damia,iqra dan irfan


Sebulan yang lalu..pelbagai peristiwa antara aku dan suami berlaku..dari masalah kesihatan..kemalangan..anak-anak dan juga tekanan perasaan..menyumbang kepada pergelutan jiwa..bukan saja pada aku tapi pada suami dan 3 orang cahayamata kami..turut terkesan...



Atas doa kepada Ilahi tanpa putus dan semangat kami sekeluarga syukur segalanya semakin pulih..tentu sekali aku...semakin tenang.. 

 bby dlm prot ibu..26 minggu..

Berjuta syukur untuk kurniaan Ilahi..memberi seorang suami..disisi..susah dan senang..bersama..terima kasih kerana sudi bersama..bukan mudah rupanya walaupon hampir 8 tahun berkahwin.


..setiap hari adalah perkara baru yg perlu dilalui bersama..suka atau tidak..











Apa yang terjadi pada janin:
Jaringan-jaringan saraf di telinga janin sudah berkembang sangat baik, dan (telinga) lebih sensitif dari sebelumnya. Sekarang janin sudah bisa membedakan antara suara Anda dan suami, ketika Anda berdua sedang mengobrol.

Saat ini janin menghirup dan mengembuskan sedikit cairan ketuban, cairan yang berperan penting dalam perkembangan paru-parunya. 
Gerakan bernafas ini juga merupakan latihan yang baik untuk mempersiapkan dirinya menghirup udara (oksigen) saat dilahirkan nanti.

Lemak tubuhnya sudah bertambah banyak. Berat tubuh janin saat ini mencapai sekira 750 gram dengan panjang tubuh (dari kepala sampai tumit) sekitar 34-35 cm. Jika janinnya laki-laki, buah zakarnya sudah mulai tampak.

Apa yang terjadi pada ibu:Selama periode ini, tekanan darah Anda mungkin akan meningkat sedikit, meski mungkin masih sedikit berada di batas sebelum Anda hamil. Pastikan saat ini Anda tetap menjaga pola makan yang baik dan cukup beristirahat.

Preeklamsia, kelainan serius yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan protein di darah, umumnya terjadi setelah usia kehamilan 37 minggu. 
Tapi kelainan ini juga dapat terjadi lebih cepat. Karena itu waspadalah terhadap gejala seperti wajahnya yang tiba-tiba membengkak atau bengkak di sekitar mata, lengan yang membengkak, dan muncul bengkak tiba-tiba di kaki atau engkel, atau juga jika terjadi pertambahan berat badan yang sangat cepat, misalnya 1,8 kg dalam seminggu.

Gejala seperti pusing kepala, pandangan menjadi kabur (dobel atau buram, peka terhadap cahaya), nyeri menetap di perut atau mual-muntah, juga dapat menjadi penanda hadirnya preeklamsia. Karenanya jangan ragu untuk menceritakan semuanya ke dokter Anda.

Jika Anda merasa ada sedikit nyeri di bagian punggung bawah belakangan ini, itu pertanda bahwa rahim Anda berkembang (artinya janin pun berkembang dengan baik). Memang kondisi ini dapat menyebabkan Anda sedikit kehilangan keseimbangan. Tak apa-apa, ini karena perubahan hormon sedikit melonggarkan persendian dan otot. Berhati-hati saja. 

Saat ini, berjalan, berdiri atau duduk terlalu lama mungkin akan sedikit mengganggu Anda. 
Anda akan sering merasa cepat capek. Berendam di air hangat atau kompres dapat menyamankan Anda kembali. Cobalah untuk terus menjaga posisi tubuh selama bekerja atau di rumah, hindari aktivitas-aktivitas yang ’memaksa’ Anda untuk berlutut, berjongkok atau duduk terlalu lama. Bila duduk di kursi kerja, sanggalah kaki dengan tumpukan majalah atau buku. Cobalah tidur dengan posisi menyamping sementara salah satu kaki ditekuk dan disangga bantal diantara kedua kaki.

Minggu ini mengapa tidak …

Mendiskusikan hal-hal personal. 
Misalnya apakah nanti bayi akan langsung disunat setelah dilahirkan? Apakah akan ada selamatan 7 hari setelah bayi dilahirkan? Apakah nanti Anda akan langsug bekerja setelah cuti melahirkan habis masanya? Apakah akan mempertimbangkan mengambil pekerjaan yang bersifat paruh-waktu?
Akan ada banyak hal yang perlu Anda diskusikan dan putuskan bersama suami setelah janin lahir nanti. Diskusikan semua opini Anda berdua agar tak ada lagi kesalahpahaman dan menyakiti perasaan.

Tahukah Anda? Sel-sel otak janin terbentuk selama ia berada di kandungan, dan saat janin lahir, sel-sel itu saling terkoneksi lewat stimulasi visual, motorik, bahasa dan sosial. Semakin banyak koneksi ini tersambung, bayi akan semakin belajar dan mengembangkan kemampuan kognitif dan daya ingatnya (memori).

Ini artinya, selama menjalani kehamilan Anda harus bersungguh-sungguh memperhatikan asupan makanan yang bisa membantu regenerasi sel di otaknya. Temukan bagaimana Anmum Materna bisa membantu memberi awal yang baik untuk otak si kecil.
Mintalah sampel gratis di sini! Pastikan Anda mendapat cukup nutrisi, begitu juga sikecil di dalam kandungan sana!

1 comment:

budi bahasa budaya kita